From Lina with IT

Sunday, March 06, 2005

What's make a true IT developer ?

Karier saya adalah seorang IT developer. Masih singkat memang. Job pertama kali saya sebagai seorang 'programmer' adalah membuat program penjurian untuk kompetisi debat Inggris (JOVED) di Unpar. Saya membuatnya waktu masih kuliah semester 4. Yang minta itu kenalan saya. Kita membuatnya berempat dengan menggunakan bahasa pemograman PASCAL. Jadi aplikasi pertama yang saya buat itu masih DOS interfaced. Tidak ada bayaran ^_^, yang ada pengalaman yang sangat berharga. Mau tau apa, pengalaman yang berharga itu ?

Kita tidak merancang program terlebih dahulu. Tidak ada software requirement, tidak ada software design, yang ada hanya antusiasme untuk langsung coding. Mau tahu hasilnya ?? Singkat cerita program itu dipakai untuk menggenerate pertandingan, memasukkan hasil pertandingan lalu menggenerate untuk ronde selanjutnya. Nah, di tengah kejadian..ada salah input, jadinya salah generate. Hasilnya kacau, jadinya harus input ulang, dan membuat jadi sangat..sangat ribet. Ketua panitia marah-marah...yang seharusnya pertandingan dapat langsung dimulai kembali, jadi menunggu sekitar setengah jam. Akhirnya solusinya kita menggunakan spreadsheet Excel untuk menggenerate ronde selanjutnya. Yang ternyata lebih cepat !!!! How's painful ^_^

Proyek selanjutnya sewaktu saya lagi menyusun skripsi, ada sahabat dekat saya yang dapet proyek website MLM (Multi Level Programming). Sahabat saya emang seorang perancang yang hebat. Kita sama-sama buat proposal, software requirement, software design sampai ke detail-detailnya. Kita bagi tugas. Saya lebih ke coding, dia lebih ke design. Hasilnya......luar biasa. Kita dapet gratis 2 account MLM hahaha, dan duit bernilai 6 juta. Satu hal yang kita belajar disini...biaya maintenance. Karena sahabat saya yang bertugas sebagai customer service, dia yang kena batunya. Pernah sang client kelabakan dan nelpon jam 12 malem...hahaha belum lagi tempatnya yang jauh di daerah Cimahi booo. Jadi kita belajar untuk menambah biaya maintenance. Istilahnya onsite support hahaha. Jadi paling ga capeknya dibayar ^_^

Seterusnya....terserah Anda.....proyek..demi proyek...

Kuncinya terus belajar..dan belajar...dari setiap proyek.

Ada satu buku bagus tentang software development. Saya lupa judulnya, tapi buku itu benar-benar memberikan deep inside about software development. Ada satu bab yang lucu, yaitu karakter seorang programmer.

Biasanya programmer orangnya Introvert (Pendiam) dan Pemikir. Tipe 'geek'-lah. Mau tau apa itu 'geek'. Orang yang kita liat di sinetron 'culunnya pacarku' atau di iklan permen pewangi mulut. Berkaca mata tebal, pendiam, culun, pake kemeja yang dikancing sampai ke kerahnya ^_^ hahahaha.... Sampai saya pernah baca ada milis IT-Curhat yang membahas kenapa programmer itu pendiam hahaha..dan bagaimana merubah sehingga programmer lebih 'bersuara'

Memang IT developer banyak berkutat di depan komputer. Sehari-hari berhubungan dengan komputer. Tidak berhubungan dengan orang. Kalau dalam berkomunikasi secara nyata dia 'diam seribu bahasa', tapi dalam dunia maya (ICQ, YM!) dia jadi 'beringas' hahahaa....

Wow.....
Lalu bagaimana dengan gue sendiri ?? hmmmmmm biarlah orang lain yang menilai. Tapi yang pasti gue orangnya humoris, keren, modis, pinter bergaul, supel, dan jangan lupa cateeettt gue gemar menabung...hahahaa (pede abis)

Kalau menurut gue, di dalam setiap profesi-muliakanlah Tuhan. Dia yang memberikan hikmat dan kebijaksanaan. "Takut akan Tuhan adalah permulaan hikmat dan kebijaksanaan"-Proverbs. Tuhan pulalah yang akan mengubahkan kita untuk serupa dengan Dia. Intropeksi diri, banyak mengembangkan diri, banyak belajar, usaha, work smart en yang terpenting andalkan Tuhan.

Jadi..minta dukungan doa yah supaya suatu saat nanti DoTheBest solutions (software house yang gue impikan) terlaksana... atau ada yang berminta bergabung menjadi freelance ????? hubungi nomor dibawah ini...(sambil tangan menunjuk-nunjuk kaya di TV)hahaha

4 Comments:

  • At 07 March, 2005 20:59, Blogger Coen Alfred Hukom said…

    hahahaha..... jadi ngaca sendiri.
    Emang banyak benernya tuh. btw, met kenal.

     
  • At 30 March, 2005 00:01, Blogger Ronsen said…

    wow..

     
  • At 28 July, 2005 01:51, Blogger Paulus Iman said…

    True IT developer???
    Pernah nonton film Long Gunmen ga? Tentang tiga orang aneh dan salah satunya adalah ahli hacking.
    Kalo prnh ntn film X-Files, di film itu seringkali Fox Mulder minta bantuan ke 3 orang aneh tsb. Nah itulah true IT developer!!!

    :) salam kenal!

     
  • At 05 November, 2005 07:01, Anonymous Anonymous said…

    Hi all, to answer your question: Yes, there is info talking about business home internet marketing mlm and it is worth reading. Great videos explaining everything about business home internet marketing mlm and most important, the money you will make. See you soon. Robert

     

Post a Comment

<< Home